Ambillah dari seseorang yang benar-benar harus karantina – aturannya lebih sulit diikuti daripada yang Anda kira.

Orang-orang yang masuk kembali ke Jepang dari luar negeri telah menjadi topik hangat di media Jepang akhir-akhir ini, dengan laporan yang mengklaim bahwa hingga 300 orang setiap hari melanggar aturan karantina .

Itu tidak berarti bahwa setiap orang yang kembali dari luar negeri dengan sengaja melanggar aturan, karena persyaratan karantina di Jepang telah dikritik karena tidak jelas dan kurang tegas dibandingkan dengan yang ada di negara lain.

Reporter kami Katie Pask baru-baru ini mengalami sistem karantina Jepang secara langsung, setelah dia harus kembali ke Inggris untuk keadaan darurat keluarga, dan sebagai hasilnya, dia memiliki beberapa tip di bawah ini untuk orang lain yang menjalani proses tersebut, dan juga beberapa ide mengapa orang mungkin (atau mungkin tidak!) terlihat melanggar aturan karantina ini.

Jadi apa aturannya?

Semua penumpang yang terbang ke Jepang diharuskan memberikan hasil tes COVID-19 negatif yang diambil dalam waktu 72 jam setelah penerbangan mereka. Mereka sangat ketat tentang hal ini. Seorang kenalan saya ditolak di bandara di Tokyo karena ujian mereka hanya beberapa menit melebihi batas 72 jam, jadi pastikan Anda menghitung waktunya secara akurat.

Setelah Anda memasuki Jepang, semua kedatangan harus dikarantina selama 14 hari. Jika Anda berasal dari negara ‘berisiko tinggi’ seperti Inggris, pemerintah akan menempatkan Anda di hotel selama beberapa hari pertama. Setelah tiga hari tersebut habis, Anda harus menghabiskan sisa hari karantina di tempat pilihan Anda, tetapi Anda tidak dapat menggunakan transportasi umum apa pun untuk sampai ke sana.

Selama karantina 14 hari, Anda diminta untuk melaporkan lokasi Anda menggunakan aplikasi Overseas Entrant Locator. Beberapa kali sepanjang hari secara acak, pemberitahuan akan muncul di ponsel Anda meminta Anda untuk melaporkan lokasi Anda saat ini. Jika Anda mengabaikan permintaan ini, Anda dapat dideportasi dan status visa Anda dicabut , jadi pastikan untuk melaporkan lokasi Anda saat diminta.

▼ Sentuh warna biru ‘I’m Here!’ untuk secara otomatis melaporkan lokasi GPS Anda ke imigrasi ketika diminta

Anda juga perlu menanggapi kuesioner email tentang kesehatan Anda yang dikirim setiap hari. Saya mendapatkan milik saya setiap hari tanpa gagal pada pukul 11:03. Sekali lagi, kegagalan untuk menanggapi ini (pada pukul 2 siang setiap hari) juga dapat menyebabkan Anda mendapatkan banyak masalah.

Pada waktu tertentu, staf imigrasi dapat menelepon Anda untuk memeriksa lingkungan sekitar Anda. Bagi saya, ini melalui Skype dan WhatsApp, tetapi sejak saya menyelesaikan karantina, sistemnya telah diubah, dan sekarang pendatang baru akan dipanggil melalui aplikasi MySOS.

Untuk mengonfirmasi bahwa Anda telah memahami segalanya, semua pendatang baru diharuskan menandatangani janji tertulis , formulir yang mencantumkan semua aturan di atas.

Hari Nol – membersihkan imigrasi

Saat Anda menginjakkan kaki di Jepang dianggap ‘ hari nol ‘ – baik itu hal pertama di pagi hari atau di malam hari, itu tidak dihitung sebagai salah satu hari karantina Anda. Beruntung bagi saya, penerbangan saya mendarat di Bandara Haneda sekitar jam 5 sore, artinya sebagian besar hari saya sudah selesai. Setelah kami mendarat, staf bandara mempersilakan kami keluar berbaris untuk berhenti berdesakan. Saat saya berjalan ke bandara, saya langsung didekati oleh seorang anggota staf yang, tanpa penjelasan apapun, memasang label panjang berwarna hijau di pergelangan tangan saya.

Yang terjadi selanjutnya adalah sesuatu yang menyerupai permainan melarikan diri. Di sekitar bandara terdapat bilik, dan setiap bilik memiliki persyaratan berbeda untuk ‘membersihkan’ – beberapa di antaranya mengharuskan Anda menunjukkan beberapa kertas, beberapa di antaranya perlu Anda instal aplikasi, dan sebagainya. Saya sarankan menyiapkan dan mengunduh sebanyak mungkin barang sebelum Anda naik pesawat jika Anda ingin membuat pengalaman Anda semulus mungkin – Saya memiliki aplikasi Overseas Entrant Locator, aplikasi COCOA dan WhatsApp sudah terinstal, dan mencetak semua dokumen saya siap untuk itu. menunjukkan. Namun, situasinya terus berubah, jadi pastikan untuk memeriksa persyaratan saat ini secara online untuk informasi terbaru.

Salah satunya adalah stasiun pengujian COVID-19. Saya diberi tabung reaksi, diarahkan ke bilik kecil dan diminta untuk meludah ke dalam tabung. Dinding bilik didekorasi dengan gambar lemon dan umeboshi (acar plum yang sangat asam) untuk membuat mulut Anda penuh dengan air liur.

▼ Melihat sekilas gambar umeboshi ini  sudah membuat mulut saya membanjiri.

Gambar: Pakutaso

Saya harus menyebutkan pada saat ini, saya telah diawasi oleh staf bandara sepanjang waktu . Aku tidak pernah lepas dari pandangan mereka. Bahkan ketika saya perlu ke kamar kecil, saya didampingi oleh seorang anggota staf. Tidak ada kesempatan untuk berhenti sejenak untuk mengunjungi toko serba ada, atau untuk mengambil kartu SIM, dll. Juga tidak ada mesin penjual otomatis, dan prosesnya bisa memakan waktu lama. Saya merekomendasikan untuk membawa camilan dan minuman untuk membuat Anda terus berjalan, karena seluruh proses untuk saya memakan waktu hampir empat jam.

▼ Sekitar setengah dari dokumen yang saya butuhkan untuk menyelesaikan imigrasi.

Setelah saya mendapatkan semua cek saya, semua surat-surat saya dicap dan ditandatangani dan mendapat hasil negatif dari tes COVID-19 saya, saya pergi ke hotel. Karena Inggris dianggap sebagai negara ‘berisiko tinggi’, tiga hari pertama saya dihabiskan di karantina yang didanai pemerintah, jadi saya digiring ke sebuah pelatih bersama lima orang lainnya. Saya sama sekali tidak tahu ke mana saya akan pergi; bagian depan bus diberi label ‘Hotel F’. Sebelum kami naik bus, gelang hijau kami telah dilepas.

Setelah sekitar tiga puluh menit naik bus, kami tiba di hotel. Saya menginap di hotel Yokohama Bay Tower, dan lobi telah disiapkan secara khusus untuk kami yang baru datang. Ada stan dengan staf hotel dengan APD lengkap yang ditempatkan di masing-masing stan, siap menjelaskan aturan karantina hotel kepada kami dalam bahasa Jepang dan Inggris jika diperlukan. Aturannya tampak cukup jelas: sama sekali tidak boleh meninggalkan kamar Anda kapan pun . Pengiriman dari Amazon baik-baik saja, tetapi pengiriman makanan seperti UberEats tidak. Kami akan disajikan makan tiga kali sehari. Pada hari ketiga kami akan menjalani tes air liur lagi, dan jika hasilnya negatif, kami bebas untuk pergi.

Saya dipandu ke kamar hotel saya oleh seorang pria yang memakai banyak APD, dan hanya itu. Kesempatan pertama saya harus sendirian dalam waktu sekitar 30 jam. Kebahagiaan!

Hari Pertama ke Tiga – Pemerintah-Disediakan A ccommodation

Hari Pertama bagi saya dimulai sekitar pukul 3 pagi, karena saya masih sangat menderita jet lag. Saya terbangun, melihat ke luar jendela dan menyadari bahwa saya memiliki tiga hari penuh di depan saya dengan sama sekali tidak ada yang bisa dilakukan. Ini bisa menjadi kesempatan saya untuk melakukan sesuatu yang luar biasa, dengan waktu luang selama ini! Saya bisa mulai belajar bahasa baru, atau mengikuti yoga, atau menulis novel – ini bisa menjadi awal dari sesuatu yang mengubah hidup.

Jadi saya memutuskan untuk mengunduh Pokémon Snap .

Tiga hari di hotel berlalu dengan sangat lambat . Karena kamar hotel cukup kecil, saya terus-menerus berputar di antara meja dan tempat tidur saya. Saya mencoba untuk menjadi produktif, dan bahkan mempertimbangkan untuk mengambil bagian dalam kursus coding, tetapi demam kabin segera menguasai saya. Kebosanan yang membekukan pikiran bercampur dengan jet lag berarti pada hari ketiga saya akhirnya melakukan hal-hal aneh seperti mandi tiga atau empat kali dalam sehari, hanya untuk memberi saya sesuatu yang berbeda untuk dilakukan. Ketika saya berhasil tidur, itu tidak pernah lama, karena saya menghabiskan sebagian besar hari saya dengan duduk, jadi saya tidak pernah benar-benar menggunakan energi yang cukup untuk membuat diri saya lelah.

▼ Saya juga memutuskan untuk bergabung dengan TikTok, meskipun saya tidak pandai dalam hal itu.

Makanan ternyata menjadi sorotan mini hari ini, dan juga cara untuk melacak waktu. Makanan disajikan tiga kali sehari, dan ditinggalkan di luar di pegangan pintu Anda. Sebelum tiba di Jepang, saya membaca secara online bahwa makanan yang disediakan kadang-kadang bisa… kurang , jadi saya bersiap sebelumnya dan membawa beberapa makanan ringan di koper saya untuk membantu saya terus berjalan. Saya tidak makan ikan, jadi saya memilih menu vegetarian, yang sepertinya terdiri dari pasta, pasta, dan lebih banyak pasta. Semua makanan disajikan dingin.

Hari Keempat hingga Empat Belas – Akomodasi  Pribadi

Pagi hari ketiga, kami diberi tes air liur dan jika hasilnya negatif, kami bebas untuk pergi. Untungnya saya negatif, jadi dengan kebahagiaan yang luar biasa saya mengucapkan selamat tinggal pada kamar hotel saya pada pagi hari keempat, kembali ke bus hotel dan kembali ke Bandara Haneda.

Setelah bagian karantina Anda ini selesai, Anda dapat menyelesaikan 11 hari terakhir karantina Anda di mana saja, asalkan Anda tidak melakukan kontak dengan orang di luar orang yang tinggal bersama Anda. Idealnya, saya ingin menghabiskan sisa hari karantina saya di apartemen saya di Prefektur Oita, tapi…

Sayangnya, apartemen saya agak jauh dari Haneda. Karena pendatang baru tidak diperbolehkan menggunakan transportasi umum (termasuk pesawat terbang) dan saya tidak suka berjalan kaki sejauh 904 kilometer (562 mil) dengan semua barang bawaan saya, saya harus mencari tempat di Tokyo tempat saya dapat menghabiskan 11 hari terakhir.

Saya akhirnya tinggal di sebuah apartemen yang dikelola oleh sebuah perusahaan bernama MetroResidences, yang memiliki paket yang dirancang untuk pendatang baru, karena saya tidak ingin menghabiskan sebelas hari tanpa dapur atau mesin cuci. Perusahaan bahkan mengirim seseorang untuk menjemput saya dari bandara dan membawa saya ke apartemen, yang merupakan penyelamat mutlak. Di apartemen ini, saya memiliki lebih banyak ruang dan juga lebih banyak kebebasan… atau begitulah yang saya pikirkan.

Dari apa yang saya baca online, sepertinya begitu Anda keluar dari karantina pemerintah, Anda akan bisa keluar untuk membeli bahan makanan atau obat-obatan. Tapi itu tampak seperti kontradiksi langsung dengan janji tertulis semua pendatang baru yang ditandatangani saat mereka tiba di Jepang, yang dengan jelas menyatakan bahwa Anda harus ‘tinggal di rumah’.

Dari janji tertulis –

(a) Anda harus tinggal di rumah atau di akomodasi.
(b) Anda tidak boleh berhubungan dengan siapa pun yang tidak tinggal bersama Anda.

“Kamu harus tinggal di rumah” bisa berarti “kamu tidak boleh keluar rumah” atau bisa juga berarti “kamu tidak boleh pergi ke sekolah / kerja”. “Anda tidak boleh berhubungan dengan siapa pun yang tidak Anda tinggali” bisa berarti “Anda tidak boleh melihat siapa pun yang tidak ada di rumah Anda” atau “menjaga jarak aman dari orang yang tidak ada di rumah Anda”. Bahasa yang digunakan dalam ikrar bisa dibilang cukup kabur, dan dapat dengan mudah ditafsirkan secara berbeda, tergantung siapa yang membacanya.

Betapa beruntungnya, ketika saya sedang memikirkan apakah akan melakukan kunjungan singkat ke supermarket terdekat atau tidak, saya mendapat panggilan telepon video dari Imigrasi. Setelah memastikan lokasi saya, saya memutuskan untuk bertanya kepada petugas imigrasi, yang mengatakan kami diizinkan keluar “jika perlu”.

Namun, apa artinya perlu ? Dan apakah komentar seorang petugas imigrasi selalu memiliki bobot? Saya tidak merasa pertanyaan saya telah dijawab dengan benar sehingga untuk tetap berada di sisi yang aman, saya memutuskan untuk menghabiskan sebelas hari tanpa menginjakkan kaki di luar apartemen saya.

▼ Amazon mendapat banyak bisnis dari saya selama dua minggu terakhir.

▼ Bagi siapa pun yang ingin menghindari UberEats setiap hari, Amazon Life memungkinkan Anda berbelanja bahan makanan yang bersumber dari supermarket terdekat.

Hari Lima Belas – kebebasan!

Pada pagi hari ke lima belas, saya akhirnya melangkah keluar dari pintu apartemen saya. Saya bertemu dengan beberapa cuaca yang meragukan – musim hujan tampak seperti baru saja dimulai dan itu adalah pagi yang kelabu dan menyedihkan, tetapi sangat menakjubkan untuk merasakan angin sejuk di wajah saya dan melihat hal-hal selain dinding apartemen saya . Saya bahkan menemukan keindahan di kotak sampah yang terletak di jalan.

▼ Tokyo, Anda tidak pernah terlihat lebih cantik.

Saya berhasil menavigasi kereta bawah tanah Tokyo, membawa koper, melompat ke pesawat dan kembali ke Oita.

▼ Aku pulang !!

Jadi mengapa begitu banyak orang yang melanggar aturan?

Jika statistiknya benar, saya merasa bahwa mayoritas ‘pelanggar aturan’ ini mungkin melanggar aturan secara tidak sengaja.

Sebagai permulaan, sistem itu sendiri memiliki beberapa masalah. Saya telah membaca beberapa kasus di mana orang tidak menerima kuesioner pemeriksaan kesehatan harian, atau tidak pernah diberi tahu nama pengguna dan kata sandi yang diperlukan untuk masuk ke aplikasi pelacakan. Dan itu juga mungkin untuk pemberitahuan harian yang meminta detail lokasi Anda tidak diketahui selama beberapa jam jika Anda tidak memeriksa telepon Anda secara berkala.

Jika Anda menemukan diri Anda berada dalam salah satu situasi tersebut, ada kemungkinan Anda mungkin termasuk dalam kategori ‘pelanggar aturan’ sehingga Anda benar-benar harus rajin dan proaktif selama seluruh proses.

▼ Pastikan untuk sering memeriksa Pusat Pemberitahuan untuk mengetahui pemberitahuan tersebut

Kedua, ada banyak informasi yang saling bertentangan. Ikrar tertulis memberitahu Anda untuk tinggal di rumah, tetapi juga untuk memakai topeng dan sering mencuci tangan. Mengapa ini diperlukan jika Anda tinggal di dalam rumah sepanjang waktu? Tidak ada garis dalam sumpah yang secara khusus melarang Anda pergi ke luar, dan mungkin  kata-kata yang tidak jelas inilah yang menyebabkan banyak kebingungan.

Jadi, meskipun mungkin ada orang yang sepenuhnya sadar akan aturan dan melanggarnya dengan sengaja, saya benar-benar meragukan hal ini bisa dikatakan untuk 300 orang yang diduga ‘pelanggar aturan’ yang dilaporkan media. Kecuali ada perubahan pada sistem karantina Jepang dilakukan, jumlah orang yang digolongkan sebagai pelanggar aturan – apakah aturan dilanggar dengan sengaja atau tidak – kemungkinan besar tidak akan berkurang dalam waktu dekat. Meskipun dari tampilan bagaimana keadaannya, mungkin ada lebih sedikit orang yang perlu karantina sejak awal – setidaknya dari AS.